Cara Merawat CCTV

Bagaimana Cara Merawat CCTV Agar Tidak Mudah Rusak?

sunojoyo.com – Setelah melakukan pemasangan CCTV, ada baiknya jika CCTV dirawat agar tidak mudah rusak, banyak kendala apabila tidak memperhatikan CCTV secara berkala, seperti contoh drop tegangan sehingga gambar mengalami flicker, Penyimpanan bermasalah dan sebagainya.

Cara Merawat CCTV

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan Bagaimana merawat CCTV agar tidak mudah rusak, dan apa saja yang harus anda benahi dalam merawat CCTV.

6 Cara Merawat CCTV agar tidak mudah rusak

1. Perhatikan tegangan listrik disekitar

terkadang CCTV tidak awet dikarenakan ada lonjakan listrik secara signifikan,lonjakan listrik tersebut mengakibatkan masalah pada CCTV entah dari kamera, DVR atau Hardisknya, untuk itu kami menyarankan untuk diberikan alat tambahan yaitu stabilizer listrik.

2. Cek Penyimpanan secara berkala.

Hal ini menjadi signifikan karena hardisk berperan penting dalam menyimpan data video pada waktu terjadi tindak kriminal atau tindak keahatan di sekitar anda. caranya mudah untuk cek hardisk masih berjalan normal atau tidak berjalan/rusak/tidak detect anda tinggal masuk ke menu setting pada DVR lalu masuk ke menu HDD lihat statusnya, hardisk yang masih bisa berjalan normal akan memberi informasi normal, sedangkan hardisk yang sudah rusak atau tidak detect akan tidak memberikan informasi apapun.

3. Perhatikan tata letak Kamera dan DVR.

Letak kamera yang dipasang di outdoor ataupun ruangan yang berdebu lama kelamaan juga mempengaruhi kualitas gambar, akibatnya gambar buram.

DVR juga berperan penting dalam penempatan, seharusnya DVR ditempatkan diruangan yang ber-AC untuk menghindari panas dari system yang berjalan, apabila hal ini tidak diperhatikan tak dapat dipungkiri apabila kinerja DVR semakin cepat panas dan mengalami overhat dan akan cepat rusak dalam jangka waktu yang pendek.

4. Cek Koneksi Camera CCTV

Banyak yang kurang teliti dalam maintenance CCTV atau merawat CCTV yakni Koneksi, entah itu konektor yang terhubung langsung di CCTV tersebut, khususnya pemasangan CCTV diluar Ruangan, Konektor yang tidak diberi pengaman, akan lebih cepat bermasalah karena cuaca tidak bisa diprediksi, hujan dan panas sehingga menimbulkan korosi didalam konektor tersebut.

5. Cek Tegangan Listrik Adaptor

Adaptor untuk menghidupkan CCTV agar CCTV bisa berjalan dan menampilkan gambar, apa yang terjadi apabila adaptor CCTV Arus dan tegangan mulai menurun, pengalaman kami apabila adaptor sudah menunjukkan gejala tersebut, maka gambar yang dihasilkan kamera tersebut akan mengalami flicker atau noise, sehingga tampilan gambar tersebut tidak baik.

6. Tambahan Alat Backup listrik

CCTV dirancang untuk nyala 24jam nonstop / tanpa henti, tentunya ada maksut tersendiri supaya CCTV bisa nyala nonstop, selain untuk monitoring, CCTV juga diperlukan untuk melakukan penyimpanan secara terus tanpa henti, maka dari itu CCTV sangat memerlukan backup listrik.

Tips semua diatas untuk anda yang sudah memasang CCTV ataupun ingin memasang CCTV, dengan Cara Merawat CCTV yang benar dan baik, anda akan memperoleh hasil yang maksimal dalam menggunakan CCTV, dan cara tersebut diatas sudah kami jalankan kepada user-user kami. untuk anda yang ingin memasang CCTV atau membeli produk CCTV kami bisa membantu anda, silahkan hubungi kami di Sunojoyo, kami akan merespon anda. terima kasih dan semoga bermanfaat

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Open chat
Terima Kasih telah menghubungi CV.SUNOJOYO, apakah ada yang bisa kami bantu..??